Candi Jawi Singosari

Candi Jawi Singosari

Candi Jawi

Candi Jawi.

Candi Jawi terletak di Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Jadi untuk lokasinya nggak terlalu jauh dari Air Terjun Kakek Bodo. Candi ini merupakan peninggalaan dari Kerajaan Singosari dan dibuat oleh Raja Kertanegara. Yang cukup unik, menurut Mpu Prapanca dalam bukunya yaitu Negarakertagama menerangkan bahwa Candi Jawi mempunyai dua sifat keagamaan, yaitu bagian bawah bersifat Hindu dan bagian atasnya bersifat Budha. Berarti pada saat itu percampuran antara agama Hindu dan Budha cukup menonjol di Jawa Timur.

Candi Jawi mempunyai bentuk yang tinggi dan ramping, mirip seperti Candi Prambanan di Jogja. Candi ini berukuran panjang 14,24 meter, lebar 9,55 meter, dan tinggi 24,50 meter. Pada tubuh candi terdapat hiasan berupa relung-relung dan kepala kala. Pada kaki candi terdapat relief yang menggambarkan suatu cerita, tetapi sayangnya sampai saat ini cerita tersebut belum teridentifikasi. Sedangkan di dalam bangunan candi hanya terdapat Yoni saja.

Menurut info dari bapak yang nunggu Candi Jawi, bagian candi yang masih asli hanyalah pada bangunan bawahnya saja, sedangkan pada bagian tengah dan atas adalah bangunan setelah dilakukan pemugaran (perbaikan). Seperti candi-candi kebanyakan, di depan candi utama terdapat candi perwara. Namun candi perwara yang terdapat di Candi Jawi ini sudah hampir rata dengan tanah dan tidak terlihat seperti sebuah candi perwara.

Di belakang Candi Jawi terdapat sebuah bangunan yang bebentuk seperti gerbang dan terbuat dari batu bata merah yang juga sudah hampir runtuh. Konon ini dahulunya merupakan pintu masuk menuju candi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s