Candi Sambisari Sleman

Candi Sambisari Sleman

Candi Sambisari

Candi Sambisari yang terletak di Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Sleman. Kalo dari arah kota tinggal berjalan ke arah Bandara Adisucipto, nah beberapa ratus meter dari pertigaan Bandara Adisucipto tersebut terdapat pertigaan lagi, belok kiri sampe mentok kita sudah sampai di lokasi Candi Sambisari. Nggak sulit buat nyari jalannya karena ada papan penunjuk jalan dengan jelas.

Candi Sambisari ini merupakan candi yang bercorak agama Hindu. Yang menarik adalah Candi Sambisari berada pada kedalaman 6,5 meter di bawah permukaan tanah sekitarnya. Terdiri dari sebuah Candi Induk dan 3 Candi Perwara. Untuk masuk ke area candi terdapat 4 pintu masuk, saya pun masuk melalui pintu sebelah barat.

Candi Sambisari

Pertama yang saya amati tentu saja bangunan yang paling besar alias Candi Induk. Di pintu masuk Candi Induk terdapat hiasan berupa seekor singa yang berada dalam mulut makara yang menganga. Masuk ke dalam Candi Induk terdapat arca Lingga dan Yoni seperti yang ada pada Candi Ijo yang saya kunjungi sebelumnya. Saat mengelilingi Candi Induk saya mengamati terdapat 3 buah relung yang berisi arca Dewi Durga dengan 8 tangan yang membawa senjata, arca Ganesha, dan arca Agastya yang terdapat seperti tasbih yang mengalung di lehernya.

Tepat di sebelah barat Candi Induk terdapat 3 Candi Perwara yang saling berhadapan dengan Candi Induk. Candi Perwara yang ada di Candi Sambisari ini tidak mempunyai atap. Pada Candi Perwara yang tengah terdapat arca Padmasana yang kemungkinan digunakan untuk menaruh sesajen. Di sekeliling Candi Induk dan Candi Perwara juga terdapat 8 buah lingga patok yang tersebar di seluruh penjuru mata angin.

Nah ini adalah akhir petualangan saya di Jogja pada bulan ini, sebenernya masih pengen mengunjungi beberapa candi lagi tapi karena keterbatasan waktu dan saya harus segera kembali ke Surabaya jadi keinginan tersebut harus ditunda dulu. Kemungkinan awal bulan depan saya kembali ke Jogja dan tentunya akan mengunjungi beberapa tempat yang menarik di Jogja. Buat yang mau ke Jogja dan akan ke Candi Prambanan, nggak ada salahnya buat mampir dulu ke Candi Sambisari sebelum ke Candi Prambanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s